Daya Juang Petani Bersama Babinsa Menuju Ketahanan Pangan Nasional

371
Foto : Babinsa Koramil 0813/06 Baureno, Serda Firman saat mendampingi penanaman padi oleh Poktan, di Desa Kalisari, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Rabu (08/11/2017).

Bengawanpost.com, Bojonegoro – Dalam rangka mensukseskan Swasembada Pangan Nasional di wilayah Kodim 0813 Bojonegoro. Babinsa Koramil 0813/06 Baureno, Serda Firman melaksanakan pendampingan bidang pertanian kepada Kelompok Tani (Poktan) di Desa Kalisari, Kecamatan Baureno,  Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Rabu (08/11/2017).

Menyadari tugas dan tanggung jawab pendampingan kepada para petani tersebut, maka dengan tidak merasa canggung meski berpakaian dinas resmi, dirinya menyingsingkan celana dan berbaur terjun langsung dengan para petani di areal persawahan Desa Kalisari. Hal ini

“Perlunya percepatan penanaman padi dalam Musim Tanam II ( MT II ) Okmar (Oktober-Maret) harus terlaksana untuk menggenjot kualitas dan kuantitas panen serta daya serap gabah nasional,” kata Babinsa Koramil 0813/06 Baureno, Serda Firman kepada media sebelum penanaman padi dimulai.

Sementara itu ditempat terpisah, Danramil 0813/06 Baureno, Kapten Inf Andisiswanto mengatakan, bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk aksi kepedulian TNI-AD kepada masyarakat petani, khususnya Kodim 0813 Bojonegoro dan jajaran Koramilnya dalam membantu program Pemkab Bojonegoro.

“Apa yang dilakukan Babinsa ini, sebagai salah satu wujud nyata upaya khusus dilapangan dalam mensukseskan Swasembada Pangan di Kabupaten Bojonegoro. Yang mana diharapkan bermuara pada meningkatnya tingkat kesejahteraan petani sekaligus melaksanakan Instruksi Dandim 0813 Bojonegoro, Letkol Inf M. Herry Subagio agar para Babinsa selalu aktif dilapangan guna membantu dan mendampingi Poktan,” ujar Kapten Inf Andisiswanto.

Ditambahkan, adapun penanaman padi jenis unggulan tersebut telah disesuaikan dengan arahan dan petunjuk Dinas Pertanian Pemkab Bojonegoro agar hasil panennya melimpah, dan akhirnya program Swasembada Pangan di Kabupaten Bojonegoro dapat terwujud.

“Selain menanam padi, Babinsa juga memiliki andil dalam membantu penyiapan dan pengolahan lahan, dengan harapan dapat meningkatkan motivasi dan harapan petani dalam bercocok tanam Pajale, sehingga program Swasembada Pangan di Kabupaten Bojonegoro dapat terwujud dan mendukung percepatan Ketahanan Pangan Nasional,” pungkas Kapten Inf Andisiswanto dalam penjelasannya. *[Bp]

LEAVE A REPLY