Cegah Penambang Pasir Mekanik dengan Portal

339
Foto : Saat Aparat Desa Mojorejo bersama Mupika Ngraho, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, usai pemasangan portal jalan poros Desa.

Bengawanpost.com, Bojonegoro РTiga Pilar Desa Mojorejo, Kecamatan Ngraho, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Yakni Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Kepala Desa, melakukan pemasangan portal di Jalan Poros Desa setempat yang digunakan sebagai akses masuk ke bantaran sungai, Rabu (26/10/2016).

“Ini dilakukan untuk menertibkan dan membatasi ruang gerak bagi para pelaku penambangan pasir,” ujar Kapolsek Ngraho, AKP Purwanto.

Menurutnya, pemasangan portal jalan poros Desa tersebut bukan untuk menghalangi aktivitas warga. Namun, untuk mencegah masuknya kendaraan yang mengangkut pasir hasil dari penambangan ilegal.

“Diharapkan dengan cara ini, para pengusaha tambang tidak membuka pertambangan secara mekanik. Sehingga, akan berpikir berulangkali. Sebab, akses masuk sulit,” tandasnya.

Selain itu, Kapolsek Ngraho AKP Purwanto juga mengharapkan, agar warga melaporkan secepatnya jika portal tersebut dirusak maupun dilepas.

“Diharapkan, warga sekitar supaya turut mengawasi dan menjaga portal ini. Laporkan kepada pihak yang berwajib, jika portal ini dirusak atau dilepas,” tegasnya.

Usai pemasangan portal yang juga dilakukan oleh Muspika bersama anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) Desa Mojorejo tersebut, dilanjutkan dengan patroli bersama di seputaran bantaran sungai Bengawan Solo. *[Bp]

 

LEAVE A REPLY