Cathlab Hadir, RSUD Bojonegoro Jadi Sentra Deteksi Jantung

368
Foto : Bupati Bojonegoro, Kang Yoto saat meresmikan layanan Cathlab dan Live Demo Transmission tindakan kateterisasi jantung, di RSUD Bojonegoro, Selasa (28/02/2017).

Bengawanpost.com, Bojonegoro – Bupati Bojonegoro, Kang Yoto meresmikan layanan Cathlab dan Live Demo Transmission tindakan kateterisasi jantung, di RSUD Dr. R Sosodoro D Bojonegoro, Selasa (28/02/2017). Hal ini menjadikan Bojonegoro sebagai “Sentra Deteksi Jantung” yang dapat diandalkan dan diunggulkan di wilayah barat Jawa Timur.

“Peresmian ini komitmen Pemkab Bojonegoro dibidang kesehatan, karena jantung dan pembuluh darah merupakan salah satu masalah kesehatan utama di negara maju maupun berkembang. Bahkan Penyakit ini menjadi penyebab nomor 1 kematian di dunia, yaitu Penyakit Jantung Sindroma Koroner Akut (SKA),” ujar Bupati Kang Yoto dalam sambutannya.

Selanjutnya dalam kesempatan ini, Direktur RSUD Bojonegoro, Dr. Hariyono menyampaikan, Cathlab ini merupakan salah satu sarana canggih dan akurat untuk deteksi secara pasti semua gradasi kerusakan pada pembuluh darah dan jantung, termasuk SKA yang sering terjadi pada masyarakat kita yang kurang atau tidak bisa mengendalikan hobi kulinernya.

“Dengan hadirnya Cathlab ini, Bojonegoro menjadi salah satu Sentra Deteksi Jantung. Dan diharapkan mampu mengurangi angka kesakitan maupun angka kematian yang disebabkan penyakit jantung. Selain itu, Cathlab ini melengkapi sederet alkes canggih RSUD Bojonegoro setelah Endoscopy, Haemodialisa serta CT Scan dan masih banyak lagi,” ungkapnya.

Sementara itu, peresmian yang dirangkai dengan seminar bertema “Sindroma Koroner Akut dan Kateterisasi Jantung” ini, diikuti 260 dokter dan paramedis dari wilayah Bojonegoro dan Kabupaten tetangga. Hal ini dilakukan sebagai pencerahan terhadap penyakit yang jantung yang sering dihadapi di lapangan serta sebagai pendukung alkes canggih ini pula. *[Bp]

LEAVE A REPLY