Cagub Khofifah Berkomitmen Bangun Infrastruktur Pasar Tradisional

493
Foto : Cagub Jatim, Khofifah Indar Parawansa (Jilbab putih), saat blusukkan di Pasar Baureno, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro, Selasa (26/02/2018).

Bengawanpost.com, Bojonegoro – Ternyata hampir semua pasar tradisional di Jawa Timur, problemnya sama. Yakni kondisi infrastrukturnya tidak memadai, sehingga dengan kondisi pasar tradisional tersebut menyebabkan banyak masyarakat memilih belanja di ritel modern yang lebih bersih, lebih nyaman, dan harganya juga bersaing,

Demikian pernyataan Calon Gubernur (Cagub) Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa, saat mengawali aktifitas kampanyenya di Kabupaten Bojonegoro dengan blusukkan ke Pasar Baureno, Kecamatan Baureno yang kondisinya becek, berlumpur dan jalannya sempit hampir di semua lorong pasar.

“Pasar tradisional ini memprihatinkan. Saya harus katakan ini sangat memprihatinkan. Ini menjadi sebab mengapa masyarakat lebih memilih untuk belanja di ritel modern yang lebih bersih, lebih kompetitif harganya dan lebih nyaman,” ujar Cagub Jatim nomor urut 1 ini, Selasa (26/02/2018).

Untuk itu, lanjut mantan Menteri Sosial RI tersebut berharap harus ada bentuk proteksi untuk pedagang kecil pasar dan UMKM, supaya pedagang juga pembeli bisa mendapatkan kenyamanan dalam transaksi.

Dijelaskannya pula, APBD Jatim masih memungkinkan untuk sharing dengan APBD pemda. Serta juga sinergi dengan Kementerian Perdagangan yang setiap tahun menggelontorkan dana untuk pengembangan pasar tradisional

“Saya mengatakan infrastruktur pasar – pasar tradisional di Jatim harus diprioritaskan pembangunannya. Semula, saya pikir hanya Pasar Hewan Tanah Merah – Bangkalan Madura, namun ternyata hampir semuanya memiliki masalah yang sama,” tandas Khofifah.

Foto : Anggota Komisi B DPRD Jatim, Agus Maimun (Baju putih) mendampingi Cagub Jatim, Khofifah Indar Parawansa (Jilbab putih), yang sedang blusukkan di Pasar Baureno, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro, Selasa (26/02/2018).

Masih dalam kesempatan ini, Khofifah menyempatkan memborong sejumlah barang. Antara lain pisang dua tandan, ikan asin, terong, kerupuk, belimbing, dan aneka buah lainnya. Selanjutnya, barang belanjaan itu dibagikan kepada warga yang berada di pasar Baureno.

“Nyuwun pangestunipun (minta restunya), nyuwun dukungannya. Ayo dibagikan siapa yang mau. Ini pisangnya, siapa yang mau diambil,” ucap Khofifah sambil besalaman dan menerima ajakan berfoto besama para pengujung dan pendagang yang memadati pasar Baureno ini.

Sementara itu, dalam acara ini terlihat mendampingi Cagub Khofifah. Yakni Hj. Mitro’atin yang merupakan Cawabup pasangan dari Cabup Bojonegoro, H. Soehadi Moeljono, lalu ada Anggota Komisi B DPRD Jatim, Agus Maimun, dan relawan BagusS (Barisan Gus Sholah) Kabupaten Bojonegoro, serta elemen pendukung lainnya. *[Bp]

LEAVE A REPLY