Budidaya Ikan Lele dari KKN UMM Untuk Ekonomi Kreatif Warga

788
Foto : Kegiatan KKN 132 UMM di Desa Mandalanwangi, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang

Bengawanpost.com, Malang – Kelompok mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengajak masyarakat desa Mandalanwangi, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang untuk kembangkan ekonomi kreaif. Kegiatan yang mengusung tema “Budidaya Ikan Lele Sebagai Bentuk Upaya Ekonomi Kreatif” dilaksanakan pada Senin (08/08/2016).

Menurut Rudi, salah satu aparat desa setempat mengatakan, “Dampak program ini akan menjadikan warga lebih kreatif dalam menghadapi perkembangan ekonomi saat ini, sebab sekarang banyak pemuda Mendalanwangi keluar desa menuju kota untuk bekerja di pabrik-pabrik, sehingga warga kurang kreatif dalam mengelolah kreatifitas dari sumberdaya desa sendiri sebagai mata pencahariannya,” Ujarnya.

Selain itu, Koordinator Desa (Kordes) KKN 132 UMM, Muh Marjan Halek mengatakan bahwa, banyak sekali kegiatan-kegiatan positif yang dilakukan oleh kelompoknya sehingga sangat menyentuh langsung kepada masyarakat dan menjadi bekal serta pengalaman tersendiri bagi setiap peserta KKN.

“Program ini merupakan sebuah investasi masa depan bagi kelompok KKN 132 UMM, yang akan dikembangkan dan diterapkan sebagai bentuk pengembangan ekonomi kreatif pada masing-masing daerah asal anggota kelompok ini,” tandas mahasiswa asal Indonesia Timur ini.

Sementara itu, Masyarakat desa Mandalanwangi sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut hinggal selesai. Rencananya selain program kerja jangka panjang dalam bentuk budidaya ikan lele ini, KKN 132 UMM juga menjalankan program kerja jangka pendek sehari-hari, seperti mengajar di Sekolah Dasar (SD) dan Mushola terdekat. [Ha/Red]

LEAVE A REPLY