Budayakan Anak Berliterasi, KOHATI Mbah Lamong Gelar GERBANG STUDY

206
Foto : Kohati Komisariat Mbah Lamong – Lamongan, saat gelar acara GERBANG STUDY, di Alun – Alun Kabupaten Lamongan, Minggu, (28/07/2019).

Bengawanpost.com, Lamongan – Korps HMI-Wati (KOHATI) Cabang Tuban Komisariat Mbah Lamong – Lamongan mengadakan acara GERBANG STUDY (Generasi Anak Bangsa Study), di Taman Baca Alun – Alun Kabupaten Lamongan, Minggu, (28/07/2019) tepatnya saat Minggu Ceria (Mince).

Kegiatan yang berkerjasama dengan Dinas Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Lamongan ini, diikuti puluhan siswa TK Kartika IV-46 Lamongan dan anak – anak lainnya yang tujuannya agar dapat mendorong pemanfaatan buku dan pengembangan literasi sejak dini.

“Kegiatan Gerbang Study ini untuk mendorong pemanfaatan buku dan pengembangan literasi sejak dini khususnya bagi anak – anak. Karenanya, jika perlu gerakan literasi ini diadakan rutin setiap hari Minggu,” harap Ketua Pelaksana, Elok Tilangsari kepada Bengawanpost, usai acara.

Elok menambahkan, manfaat lingkungan seperti di Taman Baca Alun – Alun Kabupaten Lamongan berperan penting dalam mengembangkan kreativitas anak, untuk mendongkrak literasi dan semangat belajarnya, serta lingkungan dapat mengembangkan keunggulan dalam literasi yang dimulai dari membaca hingga menulis.

“Selain untuk mengajarkan anak-anak untuk gemar belajar membaca, menulis, dan berhitung. Gerbang Study ini adalah wahana aktualisasi Ilmu yang telah kami dapatkan dari kuliah di kampus dan organisasi, serta untuk melatih kesabaran, karena mendidik anak yang setiap individunya memiliki karakter yang berbeda – beda,” jelas Elok.

Foto : Kohati Komisariat Mbah Lamong – Lamongan bersama Dinas Perpusda Kabupaten Lamongan saat adakan acara GERBANG STUDY, di Taman Baca Alun – Alun Kabupaten Lamongan, Minggu, (28/07/2019).

Dalam kesempatan yang sama, Kabid Pemberdayaan Perempuan Himpunan Mahasiswa Islam (HmI) Komisariat Mbah Lamong, Khikmiatur Rizkiah menyampaikan, kegiatan yang sangat positif ini untuk mengisi waktu libur sekolah anak – anak, apalagi tempatanya yang sangat mendukung, diimana banyak lokasi untuk bermain anak – anak sambil belajar, sehingga anak – anak tidak terpaku hanya belajar diruangan saja,

“Kegiatan Gerbang Study di Taman Baca Alun – Alun Kabupaten ini manfaatnya bisa belajar sambil bermain. Karena selain sebagai wisata belajar gratis, tentunya anak – anak juga akan mendapatkan ilmu paska kegiatan ini, dan pastinya juga akan mendapatkan teman baru, sebab pesertanya dari sekolah yang berbeda – beda,” ungkap Khikmiatur Rizkiah bersemangat.

Sementara itu, Fitriyah, petugas layanan Taman Baca Dinas Perpusda Kabupaten Lamongan mengapresiasi dan mendukung kegiatan GERBANG STUDY, apalagi di Alun – Alun Lamongan telah ada perpustakaan dan fasilitas buku – buku yang menarik dan desain ruangan perpustakaan yang ramah dan nyaman, dan ditunjang disekitar alun – alun juga banyak lokasi tempat bermain untuk anak – anak.

“Semoga dengan metode pembelajaran seperti GERBANG STUDY ini bisa memperkenalkan kepada anak – anak pada dunia literasi. Serta kedepannya diharapkan GERBANG STUDY maupun kegiatan – kegiatan serupa rutin diadakan dengan Perpusda Kabupaten Lamongan yang selalu siap memfasilitasi dan bekerjasama,” pungkas Fitriyah penuh harap. *[Ros/Bp]

data bojonegoro

LEAVE A REPLY