BPBD dan Dinkes ikuti Pembinaan RTRW di Makodim Bojonegoro

381
Foto : Sosialisasi Pembinaan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Hanrat di Makodim 0813 Bojonegoro

Bengawanpost.com, Bojonegoro – Guna memberikan petunjuk dan pedoman bagi Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) dalam rangka pembinaan tata ruang wilayah Pertahanan Darat (Hanrat) di wilayah Koramil se-Kabupaten Bojonegoro, Kodim 0813 Bojonegoro mengadakan Sosialisasi Pembinaan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Hanrat.

Kegiatan bertempat di Gedung Makodim 0813 Bojonegoro tersebut, berlangsung selama dua hari (14 – 15 September 2016). Dan diikuti oleh Danramil dan Bintara perwakilan dari tiap-tiap Koramil Jajaran Kodim 0813 Bojonegoro, perwakilan BPBD, Dinas Kesehatan dan SKPD Kabupaten Bojonegoro yang terkait dengan pertahanan wilayah.

Pasiter Kodim 0813 Bojonegoro, Kapten Inf Teguh Irianto, dalam sambutan pembukaannya menyampaikan bahwa RTRW untuk Hanrat pada tingkat Kodim memuat rencana umum pemanfaatan wilayah dan kawasan guna kepentingan pertahanan keamanan.

‚ÄúSelain itu juga merupakan penjabaran dari RTRW Korem, maupun pertahanan tingkat Kodam, sekaligus sebagai pedoman untuk penyusunan RTRW pertahanan tingkat Kodim,” ujarnya, Rabu (14/09/2016).

Lebih lanjut Kapten Inf Teguh Irianto mejelaskan bahwa, sinkronisasi antar sektor diperlukan dalam memegang kebijakan pengaturan dalam pemanfaatan ruang tersebut, agar menghasilkan tata ruang wilayah pertahanan yang baik.

“Dalam menjalankan tugas pemberdayaan wilayah Hanrat, Satkowil merealisasikannya dengan kegiatan Pembinaan Teritorial (Binter). Sehingga, dengan potensi Geografi, Demografi dan Kondisi Sosial tersebut dapat dijadikan sebagai Ruang, Alat dan Kondisi Juang yang tangguh agar dapat menjadi kekuatan wilayah,” tandasnya. [Bp]

LEAVE A REPLY