Berdayakan 10 Janda Miskin, Kades Mayangrejo Serahkan Bantuan Jalin Matra PFK

229
Foto : Kades Mayangrejo, H. Sunaryo didampingi perwakilan DPMD Bojonegoro, Evie O.M dan pendamping Jalin Matra PFK Provinsi Jatim di Bojonegoro, Mimin Wanasari, saat serahkan bantuan Program Jalin Matra PFK kepada salah satu KRTP Desa Mayangrejo, Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro, Rabu (07/11/2018).

Bengawanpost.comBojonegoro – H. Sunaryo, selaku Kepala Desa (Kades) Mayangrejo, Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro menyerahkan bantuan Program JALIN MATRA PFK (Jalan Lain Menuju Mandiri dan Sejahtera Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan) Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pempov Jatim) Tahun 2018 kepada 10 KRTP (Kepala Rumah Tangga Perempuan) warga Desanya.

“Tahun 2018 di Desa Mayangrejo ini, ada 10 KRTP yang menerima bantuan Program Jalin Matra PFK. Dimana setiap KRTP mendapatkan bantuan modal usaha berupa barang dan kebutuhan pokok senilai Rp. 2.500.000 (Dua Juta Lima Ratus Ribu Rupiah),” ujar Kades Mayangrejo, H. Sunaryo saat penyerahkan bantuan tersebut, di Balai Desa Mayangrejo, Rabu (07/11/2018).

Ditambahkannya, bahwa bantuan tersebut dibelanjakan oleh TPK Desa Mayangrejo berupa aneka barang itu sesuai dengan permintaan usaha  KRTP yang diantaranya ada barang untuk kebutuhan Usaha warung kopi, Jualan cimol, Ternak kambing hingga Perlengkapan ternak love bird, dan Kebutuhan pokok lainnya (Beras, Gula, Minyak, dan lain-lain).

“Semoga bantuan ini dapat mengurangi beban ekonomi para KRTP di Desa Mayangrejo. Dan saya harap barangnya jangan langsung dijual namun dibuat usaha dan nikmatilah hasilnya saja,” pinta H. Sunaryo.

Foto : Camat Kalitidu, Mochlisin Andi Irawan berserta Kades Mayangrejo, H. Sunaryo dan Perwakilan DPMD Bojonegoro, Evie O.M juga Babinsa Mayangrejo serta para pendamping Jalin Matra PFK Provinsi Jatim di Bojonegoro, saat foto bersama 10 KRTP Desa Mayangrejo, Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro, Rabu (07/11/2018).

Hal senada disampaikan Camat Kalitidu, Mochlisin Andi Irawan yang turut hadiri acara ini. Menurutnya, program Jalin Matra PFK ini merupakan upaya untuk mengentaskan kemiskinan di Jatim atau setidaknya menambah pundi-pundi ekonomi bagi masyarakat, khususnya untuk janda miskin yang masih punya tanggungan anak sekolah.

“Tahun 2018 ada 5 Desa Se- Kecamatan Kalitidu yang mendapatkan bantuan Program Jalin Matra PFK untuk para janda miskin. Dan apa yang didapatnya tidak boleh langsung dijual belikan, tapi dimanfaatkan untuk usaha yang sesuai kemampuannya, baik itu berupa kambing, etalese jualan, dan lainnya,” pesan Camat Kalitidu.

Masih dalam kesempatan ini, Mimin Wanasari, selaku pendamping Jalin Matra PFK Provinsi Jatim di Bojonegoro menyampaikan, bantuan tersebut untuk memberdayakan KRTP dalam mengelola usaha sesuai dengan kemampuannya masing-masing, dan akhirnya KRTP bersama keluarganya mampu meningkatkan pendapatannya sehari-hari.

“Semoga usaha yang dimodali oleh Pempov Jatim melalui Program Jalin Matra PFK ini, mampu menjadi semangat baru untuk meningkatkan taraf perekonomian, dan kelak usaha ini bisa diwariskan kepada anak cucu penerima bantuan,” harap Mimin penuh semangat.

Foto : Kabid Ketahanan Masyarakat dan Desa – DPMD Kabupaten Bojonegoro, Evie Octavia Marini, MM., saat serahkan etalase kaca dan perlengkapan jualan pakan burung kepada Bu Suratmi, salah satu KRTP Desa Mayangrejo, Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro, Rabu (07/11/2018).

Sementara itu, acara yang dihadiri pula perwakilan DPMD Kabupaten Bojonegoro, Evie Octavia Marini, MM., Babinsa Mayangrejo dan Perangkat Desa setempat, TPK Mayangrejo, dan lainnya ini berlangsung dalam suasana gembira ketika ibu-ibu KRTP menerima bantuan tersebut.

“Terima kasih njeh kepada semuanya, atas bantuan Etalase kaca untuk jualan pakan burung dan lainnya. Semoga bantuan modal usaha tersebut bermanfaat dalam memberkahi kemajuan usaha kami selamanya, Aamiin,” pungkas Suratmi, selaku perwakilan 10 KRTP Mayangrejo kepada awak media usai acara. *[Bp]

LEAVE A REPLY