Baksos Mewarnai KKN UNAIR di Sumberjo Bojonegoro

318
Foto : Baksos KKN UNAIR di Sumberjo Bojonegoro

Bengawanpost.com, Bojonegoro Anggota Koramil 0813-09/Sumberejo, Senin (08/08/2016), turut lakukan bakti sosial donor darah yang selenggarakan oleh peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Airlangga bersama Palang Merah Indonesia Cabang Bojonegoro, di Balai Desa/Kecamatan Sumberejo, Bojonegoro, Jawa Timur.

Kegiatan bakti sosial donor darah dengan menggandeng PMI Cabang Bojonegoro tersebut, merupakan satu dari lima program yang akan dilakukan oleh para peserta KKN bersama masyarakat, dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Kelima program itu yaitu pendidikan, kesehatan, pemberdayaan masyarakat, lingkungan dan ekonomi,” demikian disampaikan oleh Aditya Rahman, Ketua Pelaksana dari KKN Universitas Airlangga.

Lebih lanjut, Aditya Rahman menjelaskan, untuk program kesehatan pihaknya menggelar aksi donor darah yang bekerjasama dengan PMI sebagai pengawas serta pendamping. Selain donor darah, dalam program kesehatan yang dilakukan oleh para peserta KKN Universitas Airlangga tersebut juga ada tes tensi, cek gula darah dan kolesterol.

“Dan itu semua dilakukan secara gratis” tambah Aditya Rahman.

Ditambahkan oleh Aditya Rahman, bahwa kegiatan yang telah dilaksanakan oleh peserta KKN ini diantaranya melakukan penjaringan dan pemberian obat cacing dengan mendatangi sekolah-sekolah SD, membantu kegiatan posyandu dan penyuluhan-penyuluhan bagi ibu hamil serta menyusui.

“Diharapkan, selain anak-anak tersebut sehat dan cerdas, juga sebagai salah satu langkah untuk melakukan penekanan angka kematian ibu dan bayi. Juga sebagai penerepan dari ilmu yang kita dapat. Agar lebih bermanfaat untuk masyarakat,” tandasnya menambahkan.

Sementara itu, Kepala PMI Cabang Bojonegoro, Mardikun, menyampaikan apresiasi dan ucapan rasa terimakasih atas bantuan tenaga dari para peserta KKN itu dalam melakukan aksi sosialnya.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, sebab setiap peserta memiliki jiwa sosial tinggi dalam membantu sesama. Dan atas nama PMI kami mendukung, juga menfasilitasi jika diperlukan dalam aksi-aksi sosial yang di lakukan oleh para mahasiswa ini,” pungkasnya. [Bp]

LEAVE A REPLY