Atasi Wereng, Petani Brabowan Bersama LPPM Unigoro Gelar Penyemprotan Massal

197
Foto : Anggota Tim SLP LPPM Unigoro, Mas Anto (Kaos Biru) bersama para petani Desa Brabowan, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, saat penyemprotan massal untuk pengendalian hama Wereng Batang Coklat (WBC) di area persawahan desa setempat, Selasa (30/01/2018).

Bengawanpost.com, Bojonegoro – Tim Sekolah Lapang Pertanian (SLP) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bojonegoro (Unigoro) bersama para petani di Desa Brabowan, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur melakukan penyemprotan massal untuk pengendalian hama Wereng Batang Coklat (WBC) di area persawahan desa setempat.

Penyemprotan massal dilakukan untuk mencegah serangan hama wereng meluas di area persawahan sekitar lokasi. Para petani yang sudah menyadari adanya tanda – tanda serangan hama, dengan berkordinasi bersama Tim SLP LPPM Unigoro mengambil tindakan cepat untuk mengantisipasi serangan meluas.

Anggota Tim SLP LPPM Unigoro, Yaumitdin Sugianto (Mas Anto) yang turut memantau kegiatan pengendalian hama wereng tersebut mengatakan, bahwa penyemprotan massal ini sangat perlu dilakukan untuk langkah awal antisipasi meluasnya serangan hama wereng.

Selain itu, pihaknya juga menghimbau agar para petani selalu mengecek tanamannya khususnya di bagian pangkal, untuk mengetahui jika ada tanda-tanda serangan Wereng Batang Coklat.

“Melihat cuaca dan sudah adanya beberapa tempat yang sudah ada hama werengnya, kami mengharapkan agar para petani tetap memantau kondisi di lahannya, agar jika ada serangan bisa segera dilakukan aksi pengendalian,” ujar Mas Anto, Pria Alumni Faperta Unigoro ini usai penyemprotan, Selasa (30/01/2018).

Sementara itu, Ketua Yayasan Suyitno Bojonegoro (YSB) – Unigoro, Mas Arief Januarso melalui Ketua LPPM Unigoro, Laily Agustina Rahmawati menegaskan bahwa pihaknya akan terus melakukan pendampingan kepada masyarakat, dalam hal ini para petani dalam upaya peningkatan kualitas pertanian di Kabupaten Bojonegoro.

“Kami berupaya untuk melakukan pendampingan secara maksimal kepada para petani, hal ini tentu menjadi tugas dari LPPM Unigoro untuk bisa bermanfaat bagi masyarakat luas,” tutur Mas Arief Januarso penuh semangat.

Untuk diketahui, LPPM Unigoro bersama Exxon Mobil Cepu Limited (EMCL) saat ini aktif melakukan pendampingan kepada petani di Kecamatan Gayam melalui Program SLP, yakni dengan melakukan pertemuan rutin setiap minggunya untuk membantu petani meningkatkan kualitas dan hasil pertanian di wilayahnya. *[Bp]

LEAVE A REPLY