Atasi Kekeringan, “Tangan Kreatif” FE Unigoro Dropping Air Bersih di Ngraho

54
Foto : Para anggota “Tangan Kreatif” FE Unigoro ketika baksos dropping sebanyak 4 tangki air bersih di wilayah Kecamatan Ngraho, Kabupaten Bojonegoro yang dilanda kekeringan dan krisis, Jum'at (26/10/2018).

Bengawanpost.com, Bojonegoro – Dalam 6 bulan terakhir, kekeringan lahan dan krisis air bersih terjadi di beberapa wilayah di Kabupaten Bojonegoro, salah satunya di Kecamatan Ngraho. Hal itu membuat masyarakat di wilayah yang dilanda kekeringan dan krisis air tersebut kesulitan untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari.

Melihat kondisi tersebut Mahasiswa Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Bojonegoro (Unigoro) yang tergabung dalam “Tangan Kreatif” berempati untuk melakukan kegiatan bakti sosial memberikan bantuan air bersih.

Kegiatan bakti sosial tersebut dilakukan pada Jum’at (26/10/2018) lalu, tepatnya di Dukuh Tukbuntung – Desa Nganti, dan Dukuh Sambiroyong – Desa Sugihwaras, serta Dukuh Ngirengan – Desa Luwihaji, Kecamatan Ngraho.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan sosial tersebut disambut antusias oleh warga masyarakat yang berbondong-bondong membawa jeriken, ember serta gayung untuk menampung air bersih yang disalurkan oleh para mahasiswa tersebut.

Ngadinan, salah satu warga Desa Nganti yang ikut menerima bantuan air bersih mengaku sangat terbantu dengan adanya penyaluran air bersih dari Unigoro ini.

“Kegiatan seperti ini (Pemberian air bersih) kami harapkan dapat terus berjalan, misalnya dalam satu minggu sekali. Karena bencana kemarau bukan hanya terjadi ditahun ini, melainkan sudah berlangganan dari tahun ketahun,” harap Ngadinan.

Sementara itu, Dekan FE Unigoro, Hj. Retno Muslinawati, S.E., M.M., mengatakan, bahwa kegiatan yang dilakukan oleh Mahasiswa FE Unigoro ini diharapkan mampu membawa manfaat bagi masyarakat.

Selain itu, lanjutnya. Penyaluran air bersih tersebut juga dinilai sebagai salah satu cara untuk menggugah rasa kepedulian mahasiswa kepada masyarakat, sebagai bentuk untuk merealisasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi

“Kami harapkan untuk kegiatan sosial seperti ini bisa selalu ada, karena sebagai salah satu cara untuk memancing rasa kepedulian mahasisiwa kepada masyarakat, serta sebagai salah satu cara dalam merealisasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat,” ucap Hj. Retno Muslinawati, S.E., M.M.

Penting diketahui, “Tangan Kreatif” FE Unigoro dalam kegiatan “Gerakan untuk Kemanusiaan” ini, bekerjasama dengan pihak Desa dan penyaluran air sendiri total sebanyak 4 tangki air bersih yang langsung disebar di titik-titik yang sudah ditentukan. *[El / Bp]

LEAVE A REPLY