Atasi Banjir Bengawan Solo, Pemkab Bojonegoro Ikuti Latposko Kodim 0813

312
Foto : Dandim 0813 Bojonegoro, Letkol Inf M. Herry Subagyo bersama jajaran Pemkab Bojonegoro, saat gelar Latposko I Kodim 0813 Bojonegoro hari ketiga, Rabu (31/05/2017).

Bengawanpost.com, Bojonegoro – Pelaksanaan Latihan Posko (Latposko) I, jajaran Kodim 0813 Bojonegoro memasuki hari ketiga. Latihan tersebut, dalam rangka mengantisipasi terjadinya berbagai bencana terutama bencana banjir akibat luapan Sungai Bengawan Solo.

Dandim 0813 Bojonegoro, Letkol Inf M. Herry Subagyo menjelaskan, dalam Latposko tersebut melibatkan personel jajaran Kodim 0813, juga berbagai instansi terkait lainnya. Dengan memfokuskan bencana banjir luapan Bengawan Solo di Kecamatan Kanor, Baureno dan Kalitidu.

“Didalam latihan, petugas membuat persiapan yang harus dikerjakan sebelum terjadi bencana banjir luapan Bengawan Solo di tiga Kecamatan tersebut, yang menjadi lokasi daerah bencana banjir cukup parah,” jelas Letkol Inf M. Herry Subagyo.

Selain itu, dalam Latposko ini juga menyusun pelaporan ketika terjadi banjir, proses tanggap darurat, rehabilitasi dan pekerjaan yang harus dilakukan dalam pemulihan kondisi masyarakat setelah terjadi banjir.

Lebih lanjut, Letkol Inf M. Herry Subagyo mengatakan bahwa dalam penangganan penanggulangan bencana banjir tersebut, kerja posko tetap melakukan koordinasi dengan Pemkab Bojonegoro.

“Posko ini, dalam bekerja tetap berkoordinasi dengan Pemkab, berdasarkan prosedur tetap (protap),” ujarnya.

Menurutnya, dengan adanya posko yang melakukan koordinasi dengan Pemkab dalam penanggulangan bencana banjir diwilayah setempat, maka penangganan banjir bisa dilakukan secara cepat.

“Dengan demikian, sebelum terjadi banjir posko bencana disini sudah kami buka, berdasarkan perhitungan kemungkinan terjadinya banjir,” pungkas Letkol Inf M. Herry Subagyo menjelaskan. *[Bp]

LEAVE A REPLY