Arahan Kang Yoto Jelang Pilkades Serentak Bojonegoro 2016

436
Foto : Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Inf M. Herry Subagyo saat berbicara di acara “Pengarahan Bupati Bojonegoro kepada Calon Kepala Desa dalam rangka Pemilihan Kepala Desa serentak di Kabupaten Bojonegoro tahun 2016”.

Bengawanpost.com, Bojonegoro – Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Bojonegoro menggelar “Pengarahan Bupati Bojonegoro kepada Calon Kepala Desa (Cakades), dalam rangka Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Bojonegoro tahun 2016”.

Pengarahan yang bertempat di Ruang Angling Dharma Pemkab Bojonegoro, Jawa Timur ini, diikuti 84 Cakades dari 32 Desa se- Bojonegoro, Pemdes, Panitia Pilkades, dan Muspika terdiri para Danramil, Kapolsek, Camat se- Kabupaten Bojonegoro.

“Pilkades serentak di Kabupaten Bojonegoro akan dilaksanakan tanggal 30 Nopember 2016, dan diikuti 84 Cakades dari 32 Desa se – Bojonegoro,” demikian laporan Kepala BPMPD Kabupaten Bojonegoro, Djumari, Selasa (22/11/2016).

Selanjutnya Bupati Bojonegoro, Drs. H. Suyoto (Kang Yoto) dalam pengarahannya mengharapkan Pilkades berjalan secara aman, lancar, berkualias dan bahagia. Karenanya Cakades harus siap lahir bathin bila alami kekalahan maupun kemenangan.

“Pilkades adalah proses. Untuk itu, Pilkades harus bersih, harus paham norma juga aturan, dan calon maupun pemilihnya harus berkualitas, agar hasilnya bisa membahagiakan, dan tidak mendeskriminasi salah satu pihak,” harap Kang Yoto.

Selain itu, Kang Yoto mengapresiasi para Cakades apabila belum berhasil menjadi Kades pada periode ini, dengan akan memberikan piagam penghargaan yang ditanda tangani Forpimda, agar menjadi kenangannya.

Namun bagi Cakades yang menang, lanjut Kang Yoto. Banyak mantan Kades yang bangkrut, karena saat menjabat salah satu perilakunya berperpenampilan kaya padahal kehidupannya asalnya sederhana saja. Hal ini patut dijadikan pelajaran.

“Pelajaran ini harus diambil hikmah. Oleh karenanya, Cakades harus mempersiapkan batinnya dengan baik. Apakah menjadi calon yang bagaimana, karena ada calon yang justru sukses dan ada juga calon yang hidup terlunta-lunta,” tandasnya.

Sementara itu pengarahan juga diberikan jajaran Forpimda, diantaranya Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Inf M. Herry Subagyo, Kapolres AKBP Wahyu Sri Bintoro, Kepala PN, Kejaksaan Negeri, Inspektorat Bojonegoro, dan Ketua DPRD, Hj. Mitro’atin, S.Pd.

Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Inf M. Herry Subagyo dalam pengarahannya mengharapkan agar semua pihak menjaga suasana Kamtibmas tetap kondusif. Agar pelaksanaan Pilkades tersebut berjalan dengan aman dan lancar.

“Peran serta seluruh lapisan masyarakat sangat diperlukan untuk menjaga keamanan dan ketertiban dalam pesta demokrasi ini, dan harus disikapi positif agar lancar serta wilayah Bojonegoro terus kondusif,” imbuhnya.

Hal itu senada dengan penuturan Ketua DPRD Bojonegoro, Hj. Mitro’atin, S.Pd. Menurutnya, hal terpenting untuk menyukseskan pilkades serentak yakni semua fihak harus menciptakan rasa aman dengan menjaga keharmonisan bersama. *[Bp]

LEAVE A REPLY