Apresiasi Untuk Kesuksesan Panen Padi di Mojodelik

351
Foto : Ketua LPPM Unigoro, Laily Agustina Rahmawati (Berjilbab) bersama Tim SLP LPPM Unigoro dan para petani, saat panen raya padi milik petani, di Dukuh Ledok, Desa Mojodelik, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Minggu (25/03/2018) pagi.

Bengawanpost.com, Bojonegoro – Tim Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bojonegoro (Unigoro) mengunjungi petani peserta program Sekolah Lapang Pertanian (SLP) yang sedang panen raya padi, di Dukuh Ledok, Desa Mojodelik, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Minggu (25/03/2018) pagi.

Panen raya tersebut adalah yang terakhir dari total peserta yang mengikuti program SLP dari Exxon Mobil Cepu Limited (EMCL) dan LPPM Unigoro.

Dalam kunjungan tersebut, dihadiri langsung oleh Ketua LPPM Unigoro, Laily Agustina Rahmawati, dan perwakilan dari EMCL, Ichwan Arifin.

“Ini merupakan panen raya yang terakhir dari petani program Sekolah Lapang Pertanian yang kita dampingi bersama EMCL di Kecamatan Gayam, dan Alhamdulillah hasilnya bagus,” ujar Mbak Laily (Sapaan akrab Laily Agustina Rahmawati).

Ia menjelaskan, program pendampingan yang dilakukan untuk petani di empat desa memiliki dampak yang bisa dirasakan sendiri oleh masyarakat. Yakni, selain meningkatkan kualitas dari padi, juga dapat mengedukasi petani untuk mengubah cara tanam agar mendapatkan hasil yang maksimal.

“Padi hasil pertanian yang panen hampir seluruhnya menunjukkan hal yang bagus, warnanya kuning keemasan dan daun batangnya berwarna hijau, menandakan tanaman sehat dan berkualitas,” imbuh dosen Fakultas Pertanian (Faperta) Unigoro tersebut.

Sementara itu, dari perwakilan EMCL sendiri mengapresiasi kerja keras dan antusias dari petani dalam mengikuti program SLP selama ini. Karenanya pihaknya berharap program yang telah diberikan dapat membantu petani untuk lebih sejahtera dan bermanfaat bagi seluruh petani di Kecamatan Gayam.

“Kami berharap program yang telah dijalankan dapat memberi manfaat nyata bagi para petani di Gayam, tentu agar dapat lebih sejahtera,” terang Ichwan Arifin.

Perlu diketahui, LPPM Unigoro aktif melakukan pendampingan kepada para petani dan taruna tani yang ada di Desa Mojodelik, Brabowan, Bonorejo dan Gayam, Kecamatan Gayam dalam program SLP, yang diharapkan dapat memberikan manfaat dan ilmu pertanian bagi para petani.

Adapun pendampingan yang dilakukan LPPM Unigoro dalam program SLP tersebut mulai dari tahap proses awal, pemeliharaan hingga panen dengan tujuan hasil pertanian yang berkualitas. *[Bp]

LEAVE A REPLY