Antisipasi Karhutla, AKBP Ary Fadli Mematroli Hutan Bojonegoro

81
Foto : Kapolres Bojonegoro, AKBP Ary Fadli bersama anggota, saat berpatroli dan penyuluhan di kawasan hutan wilayah Kecamatan Bubulan, Kabupaten Bojonegoro, Sabtu (14/09/2019).
Foto : Kapolres Bojonegoro, AKBP Ary Fadli bersama anggota, saat berpatroli dan penyuluhan di kawasan hutan wilayah Kecamatan Bubulan, Kabupaten Bojonegoro, Sabtu (14/09/2019).

Bengawanpost.com, Bojonegoro – Untuk antisipasi Kebakaran Hutan dan lahan (Karhutla) di musim kemarau yang panjang, Kapolres Bojonegoro, AKBP Ary Fadli bersama anggota melakukan patroli dan penyuluhan di kawasan hutan wilayah Kecamatan Bubulan, Kabupaten Bojonegoro, Sabtu (14/09/2019) jam 14.00 WIB.  

Kapolres Bojonegoro, AKBP Ary Fadli menjelaskan, bahwa sengaja melakukan patroli hutan dengan tujuan untuk mencegah pencurian kayu jati, serta antisipasi kebakaran hutan dan lahan, dimana musim kemarau panjang seperti ini, rawan akan kebakaran.

“Mengingat sebagian besar wilayah Kabupaten Bojonegoro adalah hutan. Maka kegiatan patroli ini untuk memantau situasi hutan, dimana musim kemarau panjang, rawan akan Kebakaran,” kata Kapolres.

Masih menurut Kapolres Bojonegoro, bahwa masyarakat disekitar hutan rata-rata adalah petani, dan ada beberapa yang bertani dengan memanfaatkan lahan Perhutani, dimana untuk membersihkan semak belukar sering dengan dibakar tanpa pengawasan. Untuk itu, dilakukan patroli menyasar wilayah hutan.

“Kadang ada yang membakar semak belukar, tanpa pengawasan, dan hal itu sangat berbahaya, karena api dapat merembet dan membesar apalagi banyak daun jati kering berjatuhan dimusim kemarau. Karhutla jadi atensi pemerintah, maka dari itu upayakan dalam membuka lahan tidak dengan cara membakar,” pungkas Kapolres berpesan. *[Bp]

data bojonegoro

LEAVE A REPLY