Anggota Gerakan Pramuka Ikuti Pembinaan Satuan Karya (Saka) Wira Kartika

362
Foto Kegiatan Pembinaan Satuan Karya (Saka) Wira Kartika terhadap para anggota Gerakan Pramuka

Bengawanpost.com, BojonegoroKomando Rayon Militer (Koramil) 08 Kedungadem, Kodim 0813 Bojonegoro, Jawa Timur, mengadakan kegiatan Pembinaan Satuan Karya (Saka) Wira Kartika terhadap para anggota Gerakan Pramuka setingkat Sekolah Menengah Atas atau sederajat, Minggu (24/07/2016).

“Pembinaan Gerakan Pramuka Saka Wira Kartika Koramil 0813-08/Kedungadem ini rutin dilaksanakan, sebagai bentuk persiapan-persiapan dalam menghadapi acara-acara untuk tingkat Kodim maupun Kabupaten,” demikian disampaikan oleh Danramil 0813-08/Kedungadem, Lettu Arm Hendera Faisal.

Lebih lanjut dikemukakan oleh Lettu Arm Hendera Faisal, bahwa Pembinaan Saka Wira Kartika merupakan wadah pembinaan dalam menyalurkan minat, mengembangkan bakat dan pengetahuan, serta meningkatkan kemampuan dan ketrampilan dalam berbagai bidang kejuruan. Sehingga, terbangun motivasi untuk berkarya yang nyata dan produktif.

“Ini dilakukan agar bisa menjadi bekal dalam kehidupan dan pengabdiannya kepada masyarakat, bangsa dan negara sesuai dengan aspirasi pemuda tersebut,” terangnya.

Pasalnya, masih menurut Danramil 0813-08/Kedungadem, Lettu Arm Hendera Faisal, hal itu dilakukan sebagai tuntutan perkembangan pembangunan dalam rangka peningkatan ketahanan nasional.

“Selain itu, kegiatan ini juga merupakan sarana pembinaan dan pengembangan kesadaran bela negara bagi generasi muda dalam meningkatkan ketahanan nasional,” pungkasnya.

Adapun materi-materi yang diberikan dalam Pembinaan Gerakan Pramuka Saka Wira Kartika itu diantaranya adalah pengenalan organisasi Saka Wira Kartika TNI-AD bagi anggota yang baru masuk, serta latihan materi Krida yang ada di Saka Wira Kartika yang meliputi Krida Navigasi Darat (Navrat), Krida Pioner, Krida Mountainering, Krida Survival serta Krida Penanggulangan Bencana Alam (PBA). [Bp]

LEAVE A REPLY