Alasan BKBH dan BEM FH Unigoro Gelar Konsultasi Hukum di Desa Hargomulyo

343
Foto : Wakil Dekan FH Unigoro, Hj Satini bersama Ketua BKBH FH Unigoro, M. Mansyur, MH., dan Presiden BEM FH Unigoro, Siska, saat menggelar Konsultasi Hukum Gratis untuk masyarakat Desa Hargomulyo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro, Minggu (12/11/2017).

Bengawanpost.com, Bojonegoro – Bertempat di Balai Desa Hargomulyo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro, Minggu (12/11/2017). Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Bojonegoro (BEM FH Unigoro) bersama Biro Konsultasi Bantuan Hukum (BKBH) FH Unigoro menggelar Konsultasi Hukum Gratis untuk masyarakat setempat.

“Konsultasi ini untuk mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang ketiga, yaitu pengabdian kepada masyarakat. Sekaligus sebagai wahana pengembangan pengetahuan, dan pembekalan materi terhadap apa yang sudah diperoleh mahasiswa selama belajar di FH Unigoro,” ujar Wakil Dekan FH Unigoro, Hj Satini saat membuka acara ini.

Hal senada disampaikan Presiden BEM FH Unigoro, Yunita Siska Mariana (Siska). Menurutnya, membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya hukum merupakan tanggung jawab bersama. Karena kesadaran hukum itu, adalah kesadaran diri sendiri tanpa tekanan, paksaan, atau perintah dari luar untuk tunduk pada hukum yang berlaku.

“Konsultasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap hukum ini, sebagai wujud nyata tanggung jawab kami sebagai generasi bangsa. Yang mana dengan terwujudnya kesadaran hukum, maka akan sangat mendukung bagi kemajuan kehidupan berbangsa dan bernegara kita ini,” ungkap Presiden BEM FH Unigoro, Siska dalam sambutannya.

Siska menambahkan, bahwa konsultasi ini merupakan pelaksanaan program Kerja (Proker) BEM FH Unigoro tahun 2017. Dan akan terus dilakukan pengabdian kepada masyarakat dengan pelaksanaan proker pada tahun 2018, yakni salah satunya akan bersosialisasi kepada generasi muda terkait bahaya Narkoba, serta bahaya hal negative lainnya.

Foto : Wakil Dekan FH Unigoro, Hj Satini bersama Ketua BKBH FH Unigoro, M. Mansyur, MH., dan Presiden BEM FH Unigoro, Siska juga Wakil Presiden BEM FH Unigoro, Frendy Pratama beserta Jajaran Pengurus BEM FH Unigoro nampak kompak, saat usai menggelar Konsultasi Hukum Gratis untuk masyarakat Desa Hargomulyo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro, Minggu (12/11/2017).

Masih dalam kesempatan ini, Ketua BKBH FH Unigoro, M. Mansyur, MH., menyampaikan, bahwa BKBH FH Unigoro merupakan salah satu biro atau badan dibawah naungan FH Unigoro yang bertujuan memberikan bantuan hukum kepada masyarakat  secara sosial, khususnya bagi warga masyarakat kurang mampu yang bersifat normatif.

”Terkait masalah hukum, BKBH FH Unigoro akan selalu siap untuk membantu masyarakat utamanya yang kurang mampu. Untuk itu, kami berharap semoga masyarakat dapat mengkonsultasikan mengenai masalah hukum baik yang bersifat normatif maupun teknis,” tandas Mansyur selaku konsultan hukum dihadapan hadirin.

Sementara itu, terliat acara tersebut disambut sangat antusias oleh masyarakat setempat yang menjadi peserta konsultasi ini. Mereka mengkonsultasikan baik masalah hukum pidana maupun perdata. Bahkan berbagai fihak juga mengapresiasinya dengan kehadiran Jajaran Muspika Kedewan, dan Jajaran perangkat Desa Hargomulyo, serta lainnya.

Selain itu, acara yang berlangsung dari jam 09.00 – 13.00 WIB ini semakin semarak dengan kehadiran Jajaran FH Unigoro. Diantaranya Kaprodi FH Unigoro, Endang Susilowati, MH., Kasubag FH Unigoro, Ismiatun, SE., dan Wakil Presiden BEM FH Unigoro, Frendy Pratama bersama jajarannya. *[Bp]

LEAVE A REPLY